Sun (Matahari) dalam Astrologi

Penggalan Materi Belajar Astrologi

1. PENGENALAN
1.1 Planet
1.1.1 Luminaries

Luminaries (arti: yang bercahaya) dalam astrologi beranggotakan 2 benda langit: bulan (Moon) dan matahari (Sun).

SUN

Ketika ada yang tanya kamu, “Bintangmu apa?” sesungguhnya dia bertanya, “Sun sign kamu apa?”

Dan kita sering dengar bahwa Sun sign (‘bintang’, ‘zodiak’) itu menggambarkan karakter diri kita. Oke nggak salah, tapi nggak sepenuhnya benar karena setiap kelahiran, bahkan setiap kejadian ada horoskopnya dan di dalam setiap horoskop ada…

…nggak cuma Sun, tapi juga Moon atau bulan yang kemaren kita pelajari. Dalam setiap horoskop juga ada setiap planet yang kita kenal sejak jaman sekolah dulu, dari Mercury sampe Pluto. Ditambah beberapa titik matematis, dan kalo mau, bisa juga ditambahkan sejumlah bintang (Aldebaran, Vega, Orion, dkk) komet, dan asteroid juga lebih seru.

Baik luminaries, planet, bintang, dan lain-lainnya itu semua masing-masing kerap menyandang zodiak yang berbeda. Dan puluhan benda langit itu diinterpretasikan sebagai satu kesatuan, barulah kita bisa menggambarkan karakter seseorang secara utuh. Kalo cuma lihat salah satunya, cuma Sun sign aja misalnya, mungkin bisa tepat, tapi nggak detil dan nggak dalam. Karena Sun, cuma salah satu simbol pewarna karakteristik seseorang dalam horoskopnya.

Warna karakter yang digambarkan Sun, apapun zodiaknya, adalah karakter yang kita pelajari dari hubungan kita dengan ayah atau figur ayah kita. Setiap anak kecil punya figur ayah, entah ayah kandung, ayah angkat, ayah tiri, atau ayah khayalan. Bagaimana karakter figur ayah kita, apa yang ia ajarkan pada kita, bagaimana ia memperlakukan kita, bagaimana sikapnya pada ibu kita, bagaimana ia pada saudara-saudara kita (kalo ada), bagaimana ia bekerja, statusnya di mata masyarakat, bagaimana ia bergaul, dan semua tentangnya kita serap begitu saja waktu kita kecil, sepanjang masa pertumbuhan kita. Dari apa yang kita lihat, kita dengar dan rasakan tentang si figur ayah tersebut, otak kita membuat label-label untuk dia, seperti ‘penyayang‘, ‘bajingan’, ‘pekerja keras‘, ‘pecundang‘, ‘disiplin‘, ‘gila‘, dsb.

Baik buruknya figur ayah dalam hidup kita, bagaimanapun juga ia adalah karakter yang familiar buat kita. Sudah alaminya manusia untuk lebih menyukai dan lebih mudah menerima apa yang familiar. Pada anak perempuan, tanpa ia sadari ia biasanya jadi lebih mudah tertarik pada orang-orang yang seperti ayahnya, meski dia nggak pengen, nggak suka, atau benci pada ayahnya. Caranya memperlakukan pria, ia tiru dari ibunya, sengaja atau tidak, secara sadar atau nggak sadar. Hubungannya dengan pasangannya, tentu ada kesamaan dengan hubungan antara kedua orangtuanya

Pada anak laki-laki, ia akan meniru dan mengekspresikan karakter yang seperti bapaknya, terlepas dia suka atau tidak. Karena contoh yang ia tau untuk jadi laki-laki ya figur bapaknya itu. Penilaiannya tentang ayahnya menjadi identitasnya sendiri.

Seiring pendewasaannya, pengaruh ayah dalam diri seseorang bisa terlemahkan oleh pengalaman dan pelajaran-pelajaran hidup. Itulah kenapa, melihat karakter seseorang dari Sun sign (bintang) saja nggak reliable.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa Sun menggambarkan:
– Peran ayah dalam hidup seseorang
– Hubungan seseorang dengan ayahnya
– Bagaimana seseorang menilai sosok ayah dalam hidupnya
– Bagaimana seseorang mengekspresikan dirinya
– Pada wanita: Pasangan seperti apa yang ia temukan
– Pada pria: Bagaimana ia menjadi seorang pasangan dan/atau ayah.

LATIHAN

(Di tahap awal mempelajari astrologi, saya sarankan kita gunakan diri sendiri sebagai sample, sebagai kelinci percobaan.)

Tanpa melihat posisi Moon dalam horoskop kamu, jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Kejujuran pada diri sendiri sangat dibutuhkan di sini. Apapun yang kamu rasakan, bagaimanapun sudut pandang kamu, valid di sini. No judgement.

1. Sebutkan 2 hal yang kamu suka dan 2 hal yang kamu nggak suka dari ayah kamu.

2. Andai kamu diijinkan untuk berbuat dan mendapatkan apapun yang kamu inginkan, seperti apa kira-kira gambaran hidupmu?

(Untuk pertanyaan selanjutnya, kalo kesulitan menjawab, boleh diskip dulu, tapi tetap jadi PR. Hehehe… )

3.a. Untuk wanita: Cari kesamaan dari setiap pria dalam hidupmu (baik teman, pacar, suami, atau mantan), lalu bandingkan dengan sosok ayah kamu. Apa kesamaannya?

3.b. Untuk pria: Bagaimana hubungan ayah dengan ibumu? Bandingkan dengan cara kamu memperlakukan wanita (teman biasa maupun pasangan/mantan) dalam hidupmu? Ada kesamaan?

Jawabannya kamu simpan sendiri aja dulu, pada waktunya nanti bisa dibagikan untuk dipelajari sama-sama, kalo berkenan. Yang penting sekarang kamu sudah mengerjakan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Pesan