Moon (Bulan) dalam Astrologi

Penggalan Materi Belajar Astrologi

1. PENGENALAN
1.1 Planet
1.1.1 Luminaries

Luminaries (arti: yang bercahaya) dalam astrologi beranggotakan 2 benda langit: bulan (Moon) dan matahari (Sun).

Moon

Posisi Moon dalam horoskop seseorang akan menggambarkan peran ibu dalam hidupnya. Apakah ia dibesarkan oleh ibu yang penuh kasih? Atau sebaliknya, ibunya kurang bisa memberi kasih sayang? Atau lebih jauh lagi, ibunya nggak ada?

Ibu atau figur ibu di sini nggak harus ibu kandung, dan nggak harus wanita. Bisa siapapun yang mengambil peran atau dianggap berperan sebagai ibu dalam hidup seseorang.

Nah… Peran ibu berpengaruh pada tingkat security/insecurity seseorang. Anak yang dibesarkan oleh figur ibu yang mampu memberikan pengertian dan penerimaan tanpa syarat, umumnya akan tumbuh jadi orang yang mampu melihat kekurangan diri sendiri tanpa merasakan kecewa. Anak ini akan memancarkan kepercayaan diri yang kuat, nggak gampang terpengaruh lingkungan dan pergaulannya.

Ini bukan berarti ia akan jadi manusia berkualitas super. Meski dibesarkan oleh figur ibu yang ideal, tanpa peran ayah yang tepat, tentu ia bisa aja tumbuh jadi orang yang, katakanlah, nggak begitu mudah diterima lingkungannya. Bahkan mungkin jadi trouble maker karena ia berpikir apapun yang dilakukannya nggak ada salahnya.

Peran ayah nggak harus selalu berarti ayah kandung, dan nggak harus pria. Bisa siapapun yang mengambil peran atau dianggap berperan sebagai ayah dalam hidup seseorang.

Peran ayah digambarkan oleh posisi Sun. Nanti kita bahas. Sekarang bahas emaknya dulu… Yang tadi kita bahas itu kan ibu yang ideal. Sedangkan pada kenyataannya nggak banyak ibu yang seperti itu. Seorang ibu juga manusia, yang punya masalah, punya keinginan, punya perasaan, mendapat tekanan, dan memiliki ketidakpuasan atas hidup dan mungkin juga dirinya sendiri.

Apa yang dihadapi seorang ibu dalam hidupnya, dan apa yang dirasakan seorang ibu dalam batinnya, akan mempengaruhi sudut pandangnya, sikapnya, reaksinya, kemampuannya menerima hidup, dan pada akhirnya terpancar dalam caranya memperlakukan orang lain, khususnya pasangannya, dan anak (-anak) nya.

Cara seorang ibu membina hubungan dengan pasangannya (jika ada) juga akan mempengaruhi cara pasangannya memperlakukan si anak. Ini bisa dilihat dari hubungan Moon dengan Sun dan planet-planet lain di dalam horoskop si anak.

Intinya, apa yang terjadi pada ibu, berpengaruh pada anaknya. Cara ibu memperlakukan anaknya, akan mempengaruhi cara si anak memperlakukan dirinya sendiri.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa Moon menggambarkan:
– Peran ibu dalam masa pertumbuhan seseorang
– Bagaimana ia menilai sosok ibu dalam hidupnya
– Penerimaan diri
– Cara seseorang memperlakukan dirinya sendiri
– Cara seseorang mengasihi orang lain
– Apa yang memicu reaksi emosional seseorang
– Apa yang seseorang butuhkan untuk merasa aman, tenang dan damai
– Pada wanita: Bagaimana ia menjadi seorang ibu.
– Pada pria: Pasangan seperti apa yang bisa membuatnya merasa aman, nyaman, tenang dan damai.

LATIHAN

Di tahap awal mempelajari astrologi, saya sarankan kita gunakan diri sendiri sebagai sample, sebagai kelinci percobaan.

Tanpa melihat posisi Moon dalam horoskop kamu, jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

Kejujuran pada diri sendiri sangat dibutuhkan di sini. Apapun yang kamu rasakan, bagaimanapun sudut pandang kamu, valid di sini. No judgement.

1. Sebutkan 5 hal tentang ibu kamu (mungkin kenangan yang melibatkan dia, mungkin sifatnya, mungkin perjalanan hidupnya) lalu beri penilaian tentang ia sebagai pribadi.
2. Sebutkan 5 hal yang paling kamu sukai tentang dirimu dan 5 hal yang mungkin kurang bisa kamu terima dari diri sendiri.
3. Sebutkan 3 orang yang paling sering berinteraksi dengan kamu, lalu beri penilaian tentang bagaimana mereka masing-masing memperlakukan kamu. Juga, apa yang kamu harapkan dari mereka?

Jawabannya kamu simpan sendiri aja dulu, pada waktunya nanti bisa dibagikan untuk dipelajari sama-sama, kalo berkenan. Yang penting sekarang kamu sudah mengerjakan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Pesan