Kalo kamu Pisces dan merasa hidupmu ekstra sulit, banyak masalah, ini buat kamu: Pisces Sun, Rising (atau dengan nama lain: Ascendant) juga kamu yang punya Neptune di rumah 1. Neptune itu gubernur-nya provinsi Pisces. Punya Neptune di rumah 1 berarti kamu juga membawa energy Pisces secara pribadi.

Yang punya Neptune di rumah 5 atau 7 mungkin juga perlu nyimak karena kemungkinan kamu banyak berurusan dengan energy Pisces sepanjang hidup kamu. Jadi kamu perlu kenal lebih dalam Pisces itu bagaimana.

Kalo belum tau Rising kamu apa, atau Neptune kamu di rumah berapa, cek horoskop kamu di sini atau website lain seperti astro.com atau cafeastrology.com.

Pisces … sign paling bontot. Salah satu sign yang energinya adalah untuk kesejahteraan seluruh umat. Sign lainnya adalah Aquarius dan Capricorn. 3 sign ini (tanpa kita sadari) bekerjasama di tataran energy. Maksud saya…

Kita semua ini kan sedang dalam perjalanan peradaban. Capricorn yang memimpin dan mengarahkan umat, dia juga yang membangun struktur dan system supaya semua bisa berjalan teratur dan tiba di tujuan pada waktu yang tepat. Aquarius penunjuk jalannya. Tugasnya melihat dan memberitahukan pada kita apa yang akan kita hadapi di depan nanti. Nah Pisces yang tau bagaimana cara menanggulangi tantangan-tantangan itu. Tugasnya menjaga umat menghadapi tantangan dalam setiap jengkal perjalanan kolosal ini, dan memastikan bahwa semua bisa sampai dengan selamat. Yang sudah nggak kuat jalan, Pisces yang menguatkan. Yang sakit, Pisces yang menyembuhkan. Yang putus asa, Pisces yang menyemangati.

Beberapa astrolog menyebut Pisces sebagai tempat sampah bagi sign-sign lain. Istilah yang kejam, tapi ada benarnya. Hehe…

Sebagai contoh, kita kembali ke perumpamaan tadi, soal menggiring umat…

Capricorn nggak peduli umatnya bisa terus berjalan atau nggak, yang dia tau semua harus terus berjalan, bagaimanapun caranya. Kalo ada yang nggak bisa jalan, minggir! Jangan jadi sandungan bagi yang lain. Kalo nggak bisa minggir, artinya dia harus mati. Aquarius bahkan nggak peduli soal siapa yang sampai ke tujuan siapa yang nggak, yang penting dia sudah kasitau jalannya. Selanjutnya bukan urusan dia!

Kekurangan mereka, Pisces yang mengisi. Segala kesalahan yang dibuat oleh sign lain, khususnya kawan satu timnya, yakni Capricorn dan Aquarius yang notabene dua-duanya berdarah dingin dan cenderung merasa paling benar, Pisces yang memperbaiki. Ini tugas yang sangat berat memang.

Untuk tugas mulia itulah Pisces lahir dengan intuisi, empathy dan kemampuan telepathic yang tinggi. Ini senjata yang paling ampuh untuk menyelesaikan masalah apapun.

Tapi kamu mungkin merasa, “Ah, aku nggak seperti itu kok!”

Tunggu…

Kalo kamu punya rising Pisces dengan Sun YANG bukan Pisces, mungkin kamu kurang familiar dengan fitur-fitur diri yang semewah itu di dalam kamu. Tapi itu ada dan wajib kamu asah untuk kedamaian hidup dan jiwamu sendiri.

Sedangkan Pisces Sun, kemungkinan sudah familiar dengan superpower-nya sejak dini. Tapi ketika Pisces dibesarkan dengan motto SIMPAN PERASAANMU. ITU NGGAK PENTING, maka ia akan belajar mengingkari perasaannya.

Soal intuisi juga Pisces mungkin dibesarkan dengan kalimat “Ah, kamu itu tau apa!” atau “Ah, ngaco kamu.” Akhirnya Pisces kecil tumbuh menjadi Pisces yang kesulitan menghargai dirinya sendiri. Gimana mau merasa berharga? Ketika superpower yang segitu baiknya aja nggak dihargai, gimana dengan kekurangannya?

Nggak sedikit juga Pisces yang dalam masa perkembangannya merasa dirinya kurang cerdas, didukung prestasi akademisnya nggak sebagus harapan orangtuanya, dia tumbuh dengan konsep bahwa dirinya itu BODOH. Ini seperti penilaian orang-orang yang membesarkannya, yang nggak menyadari bahwa kekuatan yang dia punya justru lebih berharga daripada kekuatan intelegensi.

Pisces pun tumbuh jadi orang yang merasa nggak mampu mengambil keputusan sendiri, selalu bingung, merasa bodoh dan kemudian dibodohi orang, selalu salah langkah. Jadi bodoh beneran kan?

Kecewa atas dirinya sendiri, tanpa disadari ia menggantungkan kebahagiaannya dan mungkin seluruh hidupnya di pundak orang-orang lain… Ia sayangi mereka sepenuh hati, jiwa dan raga. Tapi ternyata mereka mengecewakan…

Siklus ini terus berputar dan terus berkembang menuju kehancuran si Pisces. Semakin sering merasakan derita, kecewa, dan semakin jauh dia dari superpower-nya, Pisces yang naturalnya adalah universal love dan divine empath, bisa jadi seorang raja tega, atau sebaliknya… makin nggak tegaan.

Bagi Pisces yang tegaan, dia selalu terbelit masalah. Banyak orang yang tanpa dia sadari, ia sakiti. Dia merasa harus selalu lari dan lari. Hidupnya hanya seputar bagaimana ia bisa selamat dari masalah-masalah yang sebetulnya merupakan cerminan masalah-masalah di dalam dirinya sendiri.

Sedang bagi Pisces yang makin nggak tegaan, dia merasa selalu dimanfaatkan orang lain. Hidupnya jatuh bangun, seakan berputar di situ-situ aja. Tanpa dia sadari, dia terus mencari orang yang bisa mengerti perasaannya, yang paham soal rasa dan kelembutan hati. Setiap mendengar cerita sedih orang lain, dia merasa menemukan sahabat sependeritaan, dia merasa ternyata di dunia ini ada juga orang yang sama menderitanya dengan dirinya, bahkan lebih. Lalu Pisces pun mencoba menyelamatkan orang tersebut dengan seluruh kemampuannya. Tapi ketika orang tersebut sudah dia selamatkan, ini kan berarti orang tersebut sudah nggak seperjuangan lagi dengan Pisces. Pisces pun kecewa ditinggalkan orang yang terlanjur dia harapkan menemani kesendirian jiwanya.

Dan seperti didikan yang dia terima, setiap kali ia mendapati bahwa dirinya telah bertaruh hati untuk orang yang salah, Pisces bilang, “pasrahkan pada yang kuasa. Biar Gusti yang membalas.” Kemudian kasus yang sama terulang dan terulang lagi, lagi dan lagi. Kalo ini yang kamu alami, perlu kamu ketahui: siklus seperti ini bisa dipenggal.

Penggal sebelum terlambat! Jangan pernah lagi memasrahkan masalah berulang pada Tuhan atau setan. Masalahmu, tanggungjawabmu. Tuhan yang manapun pasti ingin kamu sadar akan superpowermu.

True Pisces

Demi hidup yang lebih mudah, lebih santai, berdamailah dengan ke-Pisces-an mu, ingat selalu: kamu lahir sebagai divine empath dengan hati yang lembut serta cinta yang tak berbatas ruang dan waktu. Manfaatkan itu dengan baik, nggak cuma baik untuk orang lain tapi juga baik untuk dirimu sendiri.

Pahami dinamika perasaan terdalammu, dan rasakan. Jangan dikubur atau diabaikan, tapi disalurkan. Perasaan itu energy. Energy nggak bisa mati, hanya bisa berubah wujud. Kekecewaanmu, kekhawatiranmu, kegelisahanmu, jadikan puisi, jadikan lukisan, jadikan sebuah lagu, jadikan cerita, catatan, apapun itu yang penting mewujud. Lalu bagikan, pasti bermanfaat untuk satu atau dua orang di luar sana. Pengalamanmu bisa jadi tuntunan untuk orang lain. Dan kamu memang lahir untuk menuntun umat menuju kedamaian.

Ingin dicintai seperti kamu mencintai orang lain? Itu nggak mungkin. Cuma kamu yang bisa mencintai kamu seperti kamu mencintai orang lain, maka cintailah dirimu sendiri.

Hindari ikatan emosional dengan satu dua orang secara sepenuh hati karena kasih yang kamu punya terlalu besar untuk satu dua orang saja, bagikan untuk sebanyak-banyaknya orang. Dan ini bukan berarti kamu nggak boleh punya kekasih hati lho! Boleh, tapi kamu musti sediakan hatimu untuk umat juga. Jangan khawatir, secuil perhatianmu setara dengan cinta sepenuh hati bagi orang lain.

Asah dan gunakan intuisimu. Caranya bagaimana? Kamu tau.

Dengan begini kamu menjalankan peranmu di dunia ini. Kamu nggak lagi gampang tertipu kisah-kisah derita karena kamu tau ada jutaan orang lain yang bahkan lebih menderita. Kamu hanya mendengarkan dan membantu menyediakan solusi untuk orang lain dengan cinta, empati dan intuisimu, tanpa harus ikut bertanggungjawab untuk ikut menyelesaikan masalah orang itu secara pribadi. Kamu punya lebih banyak waktu dan energy untuk diri sendiri. Pikiran dan vibramu jadi positif. Dan ini mengundang hadirnya hal-hal dan orang-orang yang positif juga dalam hidupmu. Kamu bahagia.

7 Replies to “Pisces & Superpower-nya”

  1. asep says:

    tolong tante kasih sayah pencerahan dalam uasaha sayah ini usaha yang baru sayah buka ,apakah akan ada peningkatan atau begini begini ajah tante ? tanggl lahir sayah 05/03/79 nama lengkap asep saefurrohman..yerimakasih sebelumnya tante .

    Balas
  2. Debbie says:

    Keren sekali artikel tante dukun. Semua yg tante dukun jabarkan cocok spt keadaan saya yg sedari kecil tidak dianggap oleh org tua dan saudara krn pendiam, nilai akademis biasa sj dan ssy suka menilai semua yg tjd di sekitar dg hati sy, jd sy sering berbicara dg jiwa sy utk menilai semua yg nampak oleh mata dan semua itu benar adanya. Sy jg empath, tdk suka keributan dan setelah dewasa sy seribg dimanfaatkan orang terlebih org yg tadinya saya tolong. Skrg sy sdg belajar utk berubah utk sedikit tegaan dan belajar sedikit egois ( klu bisa hehehee..)

    Balas
    1. Tante Dukun says:

      Bravo Debbie!! Manfaatkan kelebihanmu untuk kebaikan diri, juga untuk dunia.

      Balas
  3. Riana says:

    Sun, Moon, Mercury saya di Pisces. Neptune saya di rumah ke-7.

    Mbak belajar soal past life gak ya? Entah kenapa kok sepertinya ada energi mbak yg nyambung dengan saya. Beberapa ramalan mbak juga resonate dengan kondisi saya sekarang.

    Maaf juga mau tanya. Mbak seorang Katolik kah? Kalau keberatan gak usah dijawab gpp mbak. Saya cuma penasaran aja, setahun yg lalu seorang ahli holistik psikotheraphy bilang kalo di past life saya, saya adalah biarawati Katolik, pelayan Maria. Padahal saya terlahir muslim dan mengenakan hijab pula hehehe.

    Saya sekedar sharing aja loh mbak. Semoga ilmunya berguna ya mbak buat banyak orang. Salam.

    Balas
    1. Tante Dukun says:

      Iya, saya mendalami past life. Dan bisa jadi kita ada pertalian di kehidupan sebelumnya. Japri aja kalo mau ngobrol. Soal agama, saya dekat sekali dengan elemen-elemen dari ajaran Katolik, meski nggak pernah menganut atau terasosiasi dengan agama Katolik.

      Balas
      1. Riana says:

        Kalau mau japri bagaimana ya mbak? Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *