Perbedaan White, Black dan Red Magic

Kebanyakan orang mungkin sering dengar soal kebaikan white magic dan betapa jahatnya black magic. Ada persepsi yang harus diluruskan di sini.

Setiap praktisi yang mengaku beraliran white magic, sebetulnya juga bisa mempraktekkan black magic. Dan dukun black magic, juga bisa white magic karena magic, pada dasarnya sama. Cuma beda peruntukannya saja.

White magic: untuk menyembuhkan, memperbaiki.

Black magic: untuk menghancurkan.

Red magic: untuk meraih cinta atau perhatian seseorang.

Jadi,

Kalau kita melet seseorang, kita menggunakan red magic. Meski dukunnya ngotot itu white magic, it’s red. Dukun bilang itu black magic karena pakai kekuatan setan dan roh jahat? It’s red.

Ketika seorang dukun menyembuhkan kanker seseorang dengan kekuatan 1000 kuntilanak, tetap namanya white magic karena sekali lagi: black, white, red bukan didasarkan pada caranya, tapi tujuannya. Tapi saya ragu kuntilanak bisa dipakai untuk menyembuhkan orang, hehe…

Magic sendiri itu apa?

Sebetulnya nggak beda jauh dari doa. Ketika kita berdoa, ada yang dipanjatkan dan mungkin ada ritualnya. Magic juga demikian, ada yang dipanjatkan dan mungkin ada ritualnya. Dan sama seperti doa, kesuksesan magic tergantung pada level iman dan kepasrahan pelakunya. Meski kita berdoa setiap hari selama bertahun-tahun, tanpa iman bahwa apa yang kita ingin wujudkan itu akan terwujud, tanpa kepasrahan pada semesta atau Tuhan atau Source atau apapun yang kita percaya, hasilnya mungkin nihil. Kalaupun terwujud, kemungkinan juga akan terwujud tanpa didoakan, karena memang sudah bagian dari rencana semesta.

Begitu juga dengan magic. Meski sudah bakar berkilo-kilo menyan, tanpa iman, tanpa kepasrahan, nihil juga hasilnya.

So, ketika kita berdoa, dengan iman dan kepasrahan, kita sesungguhnya sedang mempraktekkan magic. Dan ketika kita mempraktekkan ilmu magic, sesungguhnya kita sedang berdoa. Kembang, menyan, rajah, setan, kambing, monyet, dan lain sebagainya hanya alat bantu yang sebetulnya nggak diperlukan jika iman dan kepasrahan sudah bulat.

Tinggalkan Pesan